Thursday, February 14, 2013


Minggu 10 Februari 2013
Banyak sekali hal yang saya ceritakan. Tentu saja. Karena saya banyak yang terjadi minggu ini. Jumat kemarin saya mengikuti seminar kewirausahaan dengan tema SDM yang diselenggarakan oleh komunitas NGADUide di Bandung. Sebenarnya saya pikir acara nya akan seperti apa. Tetapi skala nya masih kecil. Mungkin karena promosi nya yang kurang besar atau mungkin karena tempat nya yang kecil, atau memang baru mampu mencakup jumlah peserta dengan skala mini. Apapun itu saya tidak tahu. Tapi secara keseluruhan acara ini bagus. Saya sangat menikmati acara ini.
Di sini saya melihat banyak anak muda yang memiliki ide usaha yang kreatif dan kebanyakan seumuran saya dan bahkan lebih muda lagi. Saya melihat mereka yang berbisnis keripik/kerupuk keju dan makanan ringan lain nya. Saya juga melihat ada yang menjual softcase laptop dengan desain yang kreatif dan belum terpikirkan sebelumnya, tetapi fungsinya jelas sesuai dengan kebutuhan. Ada yang menjual produk dalam bidang fashion seperti sweater, jaket, tas dengan disain yang kreatif tentu. Ada juga yang menjual  model gitar yang unik. Dan masih banyak produk yang lain. Yang menurut saya paling unik adalah promosi melalui dance dari Rocket Crew. Ini benar-benar beda. Komunitas ini tidak menawarkan barang, tetapi menawarkan jasa mempromosikan produk dalam bentuk dance! WOALAH! Sungguh kreatif! Aku pun tertegun melihat dance mereka. ‘Saya akan menggunakan jasa mereka dalam mempromosikan produk saya.’ itu yang ada dipikiran saya langsung. Saya sungguh tertarik.
Banyak hal-hal menakjubkan malam ini dengan disuguhi lagu-lagu menarik dari band local Malbeard. Meski saya tidak benar-benar fokus mendengarkan, tetapi saya menikmati. Pembahasan nya pun menarik, saya jadi bertambah ilmu dalam menghadapi SDM nanti yang saya punya dalam menjalankan usaha saya. Beberapa benar-benar cocok dengan disiplin yang saya ambil di kuliah ini. Terima kasih pada ke dua pembicara yaitu bang Ben Wirawan sebagai founder Mahanagari (industri kaos) dan Azhar El Hami (Psikolog dan konsultan bisnis) dan beberapa pembicara lain yang saya lupa namanya. Perbincangan nya begitu lama. Beberapa diantarnya sangat alot dan bahkan membuat saya menjadi bosan, tetapi saya berusaha fokus karena ilmu yang diberikan sangat mahal. Saya percaya itu. Karena jika bertemu di tempat lain saya pasti harus bayar dan tentu tidak murah.
Lalu yang hebat lagi di malam ini itu.. Ternyata mc-nya sendiri adalah Anarima! Dia adalah pembawa acara tentang film-film di tv local. Dulu saya sering sekali melihat acara nya. Bukan hanya karena senang film tetapi juga saya senang melihat mc-nya. Dulu saya pernah coba stalking fb-nya. Cuma itu gak berhasil. Dan sekarang saya bisa bertemu langsung. Wew. Lihat langsung dan lihat dari layar tv itu memang beda. Setelah melihat perilaku nya, ternyata seperti ini kelakuan nya. Tidak seperti dugaan. Tetapi apapun, saya tak menyangka. Setelah menikmati seminar ini yang berlangsung cukup lama dan berakhir larut, akhir nya acara pun selesai. Tetapi belum cukup sampai di situ, ternyata kita ada foto bareng. Ya sudah saya ikut dulu. Lumayan jadi bagian sejarah NGADUide dan hebatnya ketika berfoto tiba-tiba Anarima berpose tepat di sebelah saya. Haha mimpi apa saya semalam. Saya merasa beruntung. Mungkin ini terasa norak dan katro. “Apa sih!” mungkin beberapa orang akan berpikir seperti itu. Sebenarnya yang aku kagumi bukan tentang Anarima-nya. Tetapi kekuatan pikiran dan imajinasi, dan semesta yang mengatur. Dulu saya pernah membayangkan untuk bertemu dengan dia, tetapi hanya selewat atau ketika saya melihat dia di tv. Tetapi sekarang akhirnya saya bertemu, bahkan dia ada tepat di sebelah saya. Saya begitu kagum pada semesta. Untuk imajinasi yang ringan dan selewat saja bisa terwujud dan saya tidak pernah menyangka. Apa lagi dalam imajinasi yang kuat yang saya sampaikan pada semesta seperti membuat buku, membuat film layar lebar, menjadi wirausahawan sukses, mempunyai sepatu, laptop dll. Saya pikir semesta akan berkata : “Kenapa tidak?” dan yang saya lakukan hanya menjalankan hari saya seperti biasa dengan penuh rasa syukur dan menerimanya. Amin.
Setelah pulang dari sana saya membawa rencana lagi yang sebelumnya dibicarakan dengan mamah. Saya akan membuat sebuah proposal bisnis sederhana yang akan diajukan pada acara GKN dengan hadiah pemberian modal dengan jumlah maksimal 25 Juta. Wow. Ini kesempatan bagus. Saya mempunyai ide untuk membuat usaha bisnis kelapa muda dengan judul “Kelapa Muda Little Café.” Saya ingin membuat sebuah café mini alias tempat nongkrong baru untuk kaum mudah dengan menu utama kelapa muda. kenapa kelapa muda? karena kelapa muda sendiri mudah diterima oleh masyarakat. Semua orang suka kelapa muda. Kelapa muda adalah produk yang paling mudah laku di pasaran. Ini aku liat dari seorang pedagang yang menjadi teman Bapak dan Mamah saya yang ada di pinggir jalan. Dia sekarang sudah memproduksi banyak sekali es kelapa muda setiap hari nya. Jelas ini sebuah peluang menurut saya. tetapi saya harus menemukan strategi lain. Saya harus menemukan suatu resep yang berbeda dengan yang lain nya. Yaitu sup kelapa muda! hop! Rasanya tidak akan begitu asin tetapi rasa nya gurih. Mungkin tidak jauh dari Zupa-zupa atau sup jagung dari KFC, tapi ini berbahan dasar kelapa muda yang lembut. Saya rasa orang-orang pasti akan suka.
Bisnis ternak belut adalah usaha yang besar. Saya tidak ingin terlalu lama menempuh waktu untuk berkembang jika memulai sekarang ini. Saya akan memulai dengan bisnis Kelapa Muda Little Café ini. Setelah ini berkembang. Saya baru akan melanjutkan nya pada bisnis ternak belut. Semoga proposal ini diterima dan GKN memberikan modal untuk modal awal usaha saya. begitu juga dengan proposal dari mamah saya, semoga dapat diterima juga. Dia mengajukan proposal ayam tulang lunak. Tujuan nya sendiri  mengajukan dengan judul itu adalah karena mamah pernah berhasil berdagang dengan produk tersebut. Tetapi karena dicurangi. Mamah saya sekarang bangkrut sampai habis segala-gala nya. Sekarang ada kesempatan yang baru. Semoga mamah saya beruntung dan proposal nya terpilih. Sehingga dia dapat memulai lagi berusaha. Dia selama satu tahun ini juga mengaku sudah bosan menganggur. Karena ketidakadaan modal. Dia jadi hanya berdiam diri di rumah tidak mengerjakan apa-apa. Sekarang muncul lah kesempatan ini. Oleh mamah tidak akan disia-siakan. Dengan proposal yang sederhana, semoga para juri mau meng-acc nya. Dan kami pun akan mulai berusaha kembali. Amin.
Dengan misi-misi jangka pendek ini. Semoga misi jangka panjang saya tercapai.

No comments:

Post a Comment