Thursday, February 14, 2013


Senin 4 Februari 2013
Hari ini saya telah mengikuti seminar GKN yang diselenggarakan di Bale Santikan Unpad, Jatinangor. Saya ingin membahas nya terlebih dahulu dari segi manfaat.  Acara ini sangat meningkatkan antusias para jiwa entrepreneur muda yang memiliki visi akan usahanya yang sukses. Ini dapat dilihat dari animo orang-orang yang mencapai ratusan yang datang. Para calon entrepreneur yang niat mengikuti acara ini pun berasal dari berbagai daerah. Secera teknis lapangan acara ini sukses. Dari materi yang disampaikan pun sangat menarik dan bermanfaat yang berisi motivasi untuk menjadi wirausahawan muda juga beberapa tips dalam membuat proposal bisnis yang mudah dah simple yang akan membantu kami dalam penilaian perlombaan pengajuan proposal yang akan dilaksanakan setelah acara ini. Secara perencanaan sangat baik, materi bagus, promosi pun berhasil, pokoknya management yang bagus. Akan tetapi ketika sudah mengikuti acara seminar ini. Semuanya tidak terasa manis. Dari jadwal yang dijanjikan jam 8 pagi, acara dimulai jam setengah 10. Ya acara ini ngaret. Entah sudah diantisipasi seperti itu, atau memang ada kesalahan. Yang jelas kami tidak diberitahukan kembali. Jadi saya merasa tertipu. Pemateri nya bagus. Tetapi ketika masuk ke pembicaraan yang esensial malah menjadi membosankan karena waktu sudah cenderung lama dipakai dalam pembukaan pembicaraan. Saya sendiri sibuk dengan hawa panas dan susah payah fokus untuk konsentrasi mendengarkan karena suasananya tidak kondusif. Selepas dari itu semua. Acara ini berakhir tepat waktu, dan kami pun diberikan suguhan hiburan berupa nyanyian dari suatu band yang memang menghibur, kualitasnya pun berkelas meski saya tidak mengenalnya (KATAKITA band). Setelah itu kamu diberi juga makan siang ketika pulang. Sungguh baik sekali kepanitiaan ini, sudah tidak ada tiket masuk, tetapi budget untuk konsumsi peserta disediakan. Saya bersyukur atas acara ini. Saya ambil tiap manfaat yang bisa saya dapat, saya juga harus mencoba terus berpikir positif untuk acara ini, karena  setidaknya acara ini telah memberikan sesuatu untuk saya. sedangkan saya belom memberikan apapun.
Setelah hadir di seminar GKN ini. Semangat saya pun muncul kembali. Selain karena hadiah yang disediakan tetapi juga dari hasi sharing pemateri dan peserta kemarin. Begitu banyak juga para wirausahawan seusia saya yang sudah mengembangkan usahanya sebegitu jauh. Bahkan telah memulai usaha dari akhir SMA sehingga dia tidak meminta uang jajan lagi dari orang tua dia. Saya sangat salut. Dan mereka memang pantas untuk dibanggakan. Setelah ini giliran saya. Saya setidak nya harus seperti mereka, lebih baik lagi jika saya lebih sukses. Saya mempunyai mimpi, mungkin untuk istilah pak Habibie adalah visi. Saya yakin saya mampu mencapai visi itu menjadi kenyataan. Karena mereka pun bisa.

No comments:

Post a Comment