Friday, February 1, 2013


Minggu 27 Januari 2013
Sampai saat ini belum ada kabar dari kepanitian perlombaan-perlombaan yang saya ikuti. Ya mungkin memang belom saatnya saya dapet hadiah-hadiah dari sini. Tapi saya akan terus mencoba. Untuk keaktifan, sepertinya sekarang lebih lambat dalam mengejar perlombaan-perlombaan menulis. Aku sendiri sangat menyayangkan semangat yang awalnya aku rasa sangat ‘cetar membahana’, tetapi sekarang terkikis dan terasa biasa saja. Saya masih dalam proyek menulis suatu lomba. Sudah selesai, tetapi jumlah karakternya terlalu banyak. Terlalu banyak 3000 karakter. Saya juga jadi bingung dalam memangkas 3000 karakter tersebut, karena saya rasa tulisan saya penting semua. Ya saya tetap mencoba memangkas tulisan itu sampai selesai. Saya juga masih dalam proses penulisan UTP, tetapi belom dilanjutkan dengan begitu signifikan, saya usahakan hari ini selesai agar hari selasa nanti saya akan memberikannya pada dosen yang mengurus pembagian  dosen pembimbing. Semoga semesta bergerak dan membentuk keberuntungan untuk saya.
Meski dalam keadaan kurang produktif, tapi saya tidak begitu sering malas-malasan. Saya masih merasa on-track. Soalnya beberapa hari ini saya membaca banyak artikel tentang kewirausahaan sebagai penyemangat juga sebagai refensi untuk nanti saya memulai wirausaha beternak belut. Saya sangat senang sekali membaca, kemarin-kemarin saya banyak membaca artikel/post dari web Young On Top yang diprakarsai Billy Boen. Saya melahap artikel-artikel tersebut dengan semangat. Saya senang sekali membaca-nya dan sampai sekarang pun saya masih ingin bilang kalau saya senang sekali membacanya. Di sana banyak sekali inspirasi dari kaum muda dengan kata-kata dan prestasi yang diraihnya. Saya pikir dengan berdekatan dengan dunia yang seperti ini akan berpengaruh positif pada keinginan saya menjadi seorang wirausaha. Saya yakin jalannya sudah tersedia dan bergerak cepat ke arah saya. Sekarang saya hanya perlu fokus dan sadar terhadap kesempatan yang ada.
Di sini saya semakin banyak menyadari bahwa dengan membaca saya akan tahu banyak hal, dan setelah banyak membaca, saya juga akan banyak menulis, agar mimpi menjadi seorang penulis dan menerbitkan buku pun terwujud. Ini pun saya terinspirasi dari membaca sebuah blog dari anggota Young On Top, Cuma saya lupa lagi nama-nya. Maaf ya saya lupa. Tapi saya sangat memberi kredit pada tulisan anda. Bukan kredit seperti kredit motor ya tapi. Haha.
Hari kemarin, saya bermain dengan teman-teman saya mengunjungi orang-orang desa yang penting bagi kami ketika kami ber-KKN (Kuliah Kerja Nyata) pada bulan Juli tahun kemarin. Saya pikir penting bahwa menjalin hubungan baik dengan orang-orang yang berbuat baik pada kita, baik itu teman, keluarga atau seperti orang-orang desa yang terbuka dengan kehadiran kita. Untuk teman? Apa salahnya kita membagi waktu-waktu kita dengan mereka. Khususnya ini untuk orang-orang yang tertutup dan tidak begitu sering menghabiskan waktu dengan orang lain seperti saya. Saya sadar bahwa saya tidak hidup sendiri. Kata-kata seperti ini sering terucap di mana-mana, saya waktu itu lempeng saja, hanya cukup tau hal itu bagus. Tetapi setelah saya tau apa pentingnya dan lebih merasakan keberadaan orang lain itu sangat dibutuhkan. Sekarang-sekarang ini jika ada kesempatan untuk bermain bersama, maka saya akan manfaatkan. Jujur, dulu saya selalu menganggap tidak berguna tindakan seperti itu, karena cenderung menghabiskan waktu dan tidak ada hasilnya. Bahkan kadang mengecewakan alias tidak senang-senang amat dan kadar kepentingannya tidak seberapa. Tapi kali ini? Saya sadar begitu bodoh-nya saya waktu itu. Mungkin memang terkadang tidak bermanfaat sama sekali, tetapi itu jika hanya saya berpikir pendek, jika sedikit lebih terbuka dan memikirkan jangka panjang. Saya pasti akan sangat menyesal jika tidak membangun hubungan-hubungan seperti ini dengan orang-orang di sekitar saya.

No comments:

Post a Comment