Friday, January 11, 2013


Sabtu 12 Januari 2012
Sudah beberapa hari terlewat saya tidak menulis blog ini. Sebenarnya saya sedang semangat-semangatnya menulis, ide pun mengalir  tetapi situasi tidak mendukung. Seperti kemarin, ketika ingin menulis tiba-tiba computer saya lemot, lalu saya coba utak-atik dengan beberapa cara supaya  computer saya lancar lagi dengan cara disk clean up, dan disk defragment saya tau cara yang baik dalam melakukan proses ini karena membaca artikel dari jalantikus.com, berikut link-nya : http://jalantikus.com/news/read/112/cara-untuk-defrag-hard-disk-dengan-benar ternyata membaca itu memang banyak manfaatnya ya. Haha. Setelah melakukan langkah-langkah yang disebutkan dari situs tersebut, computer saya berjalan lagi dengan optimal tidak seperti sebelumnya meski memang musti menunggu dulu proses clean up dan defrag yang lama. Terus untuk hari sebelumnya aku sibuk mencari situs-situs tentang perlombaan menulis di internet, juga sibuk menulis untuk perlombaan itu, banyak sekali perlombaan yang saya ikuti. Perlombaan menulisnya memang tidak menawarkan hadiah yang besar tetapi cukup untuk uang saku, beberapa diantaranya juga tidak menawarkan uang sebagai hadiah, tetapi seperti buku, tas laptop, blackberry, poster, juga ada yang bakal diterbitin sebagai buku kalau naskahnya juara. Saya gencar sekali mencari-cari dan menulis, tapi memang tak disangkal beberapa saat kadang ide untuk menulis pun tidak ada dan ini menghambat penulisan juga membuang-buang waktu. Tiba-tiba saja dengan ini schedule saya padat, bukan hanya tentang perlombaan, tetapi tentang survey yang akan dilaksanakan beberapa hari lagi. Saya tidak ingin kehilangan waktu dalam menulis karena time management saya kurang baik. Semuanya harus termanfaatkan. Terus memang ada apa setelah survey? Bukankah masih ada waktu? Tidak seperti itu juga sebenarnya. Ada satu hal yang belum aku ceritakan mengenai apa yang harus saya kerjakan pada bulan ini. Yaitu menyusun Usulan Topik Penelitian (UTP) untuk menyelesaikan skripsi saya. Ya saya mahasiswa tingkat akhir yang perlu untuk mencapai target saya menyelesaikan skripsi agar bisa lulus tahun ini ini.
Saya bingung dalam mencari-cari tentang topik peneltian ini, terlalu banyak hal yang harus dipikirkan dan dipertimbangkan. Kadang saya juga sering kesal sendiri kenapa lambat seperti ini, seharusnya sudah selesai semester lalu sehingga semester ini tinggal penyusunan sekaligus membayar utang sks (Sistem Kredit Semester) yang belum mencukupi sebagai standar kelulusan. Dan juga menyelesaikan beberapa mata kuliah yang harus diulang. Ya ini memang gara-gara saya dulu menjadi mahasiswa yang terlalu santai, jadi saja kerepotan di akhir-akhir. Saya ingin lulus tahun ini juga karena saya ingin fokus di bisnis ternak belut. Saya ingin mempunyai lahan ternak sendiri ketika menjelang tahun 2014, dan bisa melakukan transaksi ekspor di pertengahan 2014. Saya mempunyai target seperti itu. Selain alasan itu, juga karena saya tidak ingin selalu menjadi beban orang tua dengan pembiayaan yang membengkak. Saya optimis dengan target ini, saya yakin saya akan mampu mencapai nya.
Kemarin saya dan pacar saya ke perpus UNPAD yang ada di Dago. Awalnya saya hanya mengantar pacar saya ke sana mengembalikan buku, tapi karena bosan menunggu akhirnya saya masuk juga. Saya mencoba mencari judul-judul buku yang menarik untuk dibaca, dan saya menemukan buku yang langsung menarik perhatian saya. Bukunya kecil dan tipis, tetapi judulnya sangat menarik sekali, yaitu : the art of controlling people – Strategi Mengendalikan Perusahaan oleh Agung Praptapa. Saya langsung suka melihatnya apalagi bukunya tidak terlalu tebal dan pengemasan nya yang bagus, meski saya tidak pernah suka dengan desain buku dengan menempelkan gambar si penulis buku di cover buku. Karena itu terlihat menyebalkan. Ketika membaca prakata dan beberapa catatan nya, saya tahu, kalau buku ini memang buku bagus. Apalagi sebagai tambahan ilmu dan pedoman managemen ketika nanti ternak belut saya sudah mencapai level industri. Jadi saya memutuskan untuk meminjam buku ini dan membacanya di rumah.

No comments:

Post a Comment