Wednesday, January 9, 2013


10 September 2013

Kemaren saya selesai jalan-jalan. Itu pun sekalian karena ada ketemu temen buat oper kredit PSP. Udah dapet duit, saya berencana buat beli cd tentang grafik disain photoshop. Udah sengaja nguber ke toko cd-nya. Eh taunya masih tutup. Yaudah liat-liat dulu bungkus-bungkus cd yang ngejantreng di luar toko yang sengaja ditempel buat promosi. Terus saya liat cd-cd mengenai photoshop. Saya udah tau harganya RP50.000,- an, awalnya saya siap beli, tapi saya coba lagi baca-baca tentang deksripsi dari tuh video. Taunya malah membuat saya gak tertarik, karena pelatihannya kayak terlalu sederhana, saya jadi kepikiran mending nyari buku tentang belut aja dulu, yang beginian nanti dulu deh ampe nyari yang sreg. Pergi lah saya ke gramedia. Kalo udah nyampe toko buku, saya yakin siapa pun malah jadi penasaran liat-liat buku yang laen, baca catatan belakangnya dan malah pengen beli semua buku yang menarik. Tau keadaan duit lagi apes. Haha. Tetapi emang lewat buku kayaknya lebih sepadan. Ada buku best seller yang ‘keliatanya’ mumpuni buat ngajarin photoshop dengan harga Rp60.000,- plus CD juga ama link tutorial yang oke. Yaudah pengen juga deh beli ni buku. Awalnya saya galau. Mau nyimpen budget buat dikumpul beli netbook Februari nanti. Tapi setelah perencanaan ulang, akhirnya saya memutuskan buat nge-estimasi­-in budget RP100.000,- buat beli buku tentang ternak belut ama photoshop karena ternak belut ternyata gak langsung dapet keuntungan dalam satu bulan kurang, seenggaknya musti 3 bulan dulu. Keburu modal abis dan kere.

Di gramedia (yang selanjutnya akan dibilang gramed) niatnya sih udah jelek aja. Hehe. Mau baca buku gratis, karena kalo di gramed ini baca buku dibebasin meski gak beli dulu kayak di toko buku laen. Gramed tuh jadi semacam perpustakaan informal di dalam bangunan komersil. Pemilik gramedia banyak pahala deh. Udah mau nyumbangin buku-bukunya biar dibaca gratis, meski ngurangin profit perusahaan. Sesudah pencarian beberapa buku untuk dibaca di tempat, saya memutuskan untuk membaca buku tentang self healing yang absurd karangan Risyiana Muthia yang berjudul absurd juga “BTDTGTTS”. Baca buku ini karena baca komentarnya Dennis Adhiswara di depan buku yang bikin penasaran.
Cetarr.. dibacalah itu buku. Karena gak nemu tempat duduk akhirnya saya baca sambil berdiri. Isi bukunya oke, bukul self healing yang dikemas secara unik dengan konsep hidup sehidup-hidupnya. Ada komik dan beberapa how to di dalemnya, beberapa halamannya juga sengaja bikin pembaca buat praktekin hal-hal kreatif. Dan ada juga beberapa halaman di mana kita musti menggunting halamannya untuk buat sesuatu, tetapi itu dirasa tidak mungkin saya lakukan, karena jika melakukan itu berarti saya membeli. Apalagi kelakuan saya ini didukung oleh salah satu dari content di buku ini yang ngebahas tentang cheapskate. Yang baca bukunya pasti ngerti. Kalo belom ngerti makanya baca bukunya (sekalian promosiin sebagai feedback). Keren tuh buku, malah bikin saya cekikikan waktu baca di depan publik. Ada satu momen di mana saya udah mau gerak banget nge-dance moonwalk. Emang ngefek banget. Karena emang niat banget nyelesain tuh buku, ya selesai juga baca tuh buku sambil berdiri selama 1 jam lebih. Punggung dan kaki serasa absurd. Setelah itu saya nyoba lagi nyari-nyari buku tentang ternak belut. Di gramed referensi buku emang kumplit. Variasi bukunya banyak,saya juga menemukan buku tentang budi daya sidat yang saya yakin akan sangat menjanjikan dalam bisnis yang nati saya jalani. Saya juga cukup puas dengan pelayanan yang begini (promosiin juga sebagai feedback) tetapi emang dasar licik. Setelah nyari judul buku, saya belinya justru gak di gramed. Tetapi di toko buku yang nyediain diskon : Togamas. Ngacir deh langsung ke toko itu.
Emang karena kelakuan yang mines dapetnya juga apes. Nyampe di Togamas, judul-judul buku yang udah diincer, termasuk yang photoshop ternyata gak ada. Entah mungkin udah abis atau emang belom ada stoknya. Jadi aja nyari-nyari buku yang lain. Dapet buku tentang akuabisnis belut. Gak apa-apa deh dapet yang beda, tapi saya cukup puas dengan buku ini, karena contentnya lengkap dan di diskon pula 30% dari mines dan apes ada ples. Buku ini saya jadiin invest dan modal ilmu buat nanti ternak belut yang di mana udah punya modal uang yang cukup untuk mulai usaha. Saya rasa ini bisa dibilang juga langkah yang manis untuk memulai usaha yang laris. Ngarep. Haha. Di luar dari itu saya rasa saya harus balik lagi ke gramed untuk beli buku-buku yang udah diincer dari awal, apalagi photoshop. Karena usaha disain kaos akan menjanjikan dalam modal usaha awal.
Nyampe di rumah saya juga mulai nyari cara biar gimana bisa dapet uang secara Cuma-Cuma dan on-line. Awalnya yang saya temuin tuh kerjaan-kerjaan absurd di internet. Pada gak jelas dan ngabisin waktu dan dirasa gak ada manfaatnya buat diri sendiri. Uang yang dihasilinnya juga gak begitu seberapa. Akhirnya tercetar ide buat nyari lomba tulis menulis. Gencar saya nyari situs-situs tentan event perlombaan di tahun 2013 ini, khususnya pada bulan Januari. Emang hadiah yang ditawarin juga gak semuanya gede, tergantung dari bobot lomba yang dijalanin. Saya memilih nyari lomba tuli menulis, karena saya memang senang menulis, apalagi dengan adanya lomba ini semakin mendorong untuk menulis. Mungkin ada yang bilang “Niat lo gak tulus tuh buat nulis.” Ya gak gitu juga, perlombaan Cuma jadi semacam trigger. Bukan macan. Kalo menang dan dapet hadiah sebagai imbalan berarti syukur, kalo nggak pun saya manfaatin waktu yang lenggang ini dengan menulis. Bermanfaat. Dengan yang begini-gini. Keterampilan saya menulis bakalan level up. Gak stuck kayak dulu dan kelamaan di ngumpulin niat dan akhir-akhirnya malah gak beres juga. Dengan perlombaan ada sesuatu yang ditargetin buat dicapai dalam waktu dekat. Pengalaman begini yang bikin seru. Saya bersemangat jadinya. Karena kalo udah kayak gini, hal-hal positif bakal datang dengan sendirinya.

No comments:

Post a Comment